Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Senin, 10 Juni 2013

Trik Untuk Melawan Keylogger

 

Arek Gang Papat - Bila dalam tulisan sebelumnya (Mewaspadai Ancaman Keylogger) kita telah membahas mengenai ancaman malware dan jenis-jenisnya, maka tulisan berikut ini kita akan mencoba melihat kemungkinan caranya melawan aktivitas atau mendeteksi apakah komputer kita telah terpasang tools keylogger atau tidak.

1. Gunakan keyboard on screen
Aksi monitoring keylogger biasanya memantau aktivitas fisik yang dilakukan di atas keyboard. Maka cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan keyboard virtual. Keyboard virtual ini bisa dari bawaan windows sendiri ataupun dari pihak ketiga.

Salah satu on screen keyboard yang direkomendasikan adalah aplikasi Neo’s Safekeys. Silahkan cari di Google.

2. Beberapa aplikasi anti-keylogger
Selain menggunakan aplikasi on screen keyboard di atas, kita juga bisa memproteksi diri dengan software anti-keylogger. Tidak seperti program anti virus yang tersedia dalam jumlah banyak, pilihan anti-keylogger sendiri cukup terbatas. Dua aplikasi yang direkomendasikan di antaranya I Hate Keyloggers v1.0 dan KL-detector.

Aplikasi pertama, mampu mencegah tools keylogger membaca input data yang kita lakukan melalui keyboard. Sedangkan aplikasi kedua, lebih tepatnya disebut pendeteksi keylogger bukan penangkal. Karena sifatnya yang hanya mendeteksi saja bukan menangkal. Keduanya memang aplikasi lawas dan dikeluarkan oleh pengembang yang sama. Namun cukup membantu untuk memproteksi kita dari ancaman keylogger.

Sedangkan untuk versi berbayarnya anda dapat menjajal kemampuannya dengan melihat komparasi yang ada di situs : www.anti-keylogger.org

3. Add-on scramble firefox
Jika dalam poin sebelumnya, kita memanfaatkan aplikasi yang musti diinstal ke hard disk, maka dalam browser Firefox ada plugin khusus atau add-on yang dapat kita pasang untuk mencegah monitoring data sensitif yang kita masukkan oleh pihak lain.

Karena berbasis browser, maka tentu saja aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk mencegah aktivitas keylogger yang berjalan di komputer dalam posisi offline atau bila kamu menggunakan browser lain seperti Internet Explorer ataupun Opera. Silahkan cari dan pasang add on bertajuk Keyscrambler ini, di menu Tools, lalu pilih Add on cari Keyscrambler. 

Bagaimanapun, otak manusia senantiasa lebih canggih dari sekedar software buatannya. Bagitu juga dengan aplikasi anti-keylogger ini, ia mempunyai keterbatasan. Para dedemit maya akan terus berupaya memperbaharui tools mereka, sehingga boleh jadi apliakasi apa yang kita gunakan hari ini, menjadi out of date. Namun demikian, bila kita telah memahami dengan baik apa itu keylogger dan bentuk-bentuknya, maka langkah selanjutnya adalah tetap waspada.

0 komentar:

Posting Komentar