Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Selasa, 04 Juni 2013

Perbedaan Blog dan Website

 

Arek Gang Papat - Seringkali sebagian dari pemula yang ingin membuat website merasa bingung ketika dihadapkan istilah website ataupun blog.

Website (Situs Web) secara umum adalah kumpulan dari halaman-halaman situs (page) yang terangkum kedalam sebuah domain yang lokasinya berada WWW (World Wide Web) yang maksudnya adalah kumpulan Web seluruh dunia yang menjadi satu jaringan besar agar bisa terkoneksi satu sama lain.

Blog merupakan singkatan dari “web log“ yang berbentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blogging atau ngeblog biasa digunakan untuk menyalurkan aspirasi ataupun saling memberi informasi serta juga biasa digunakan untuk media penyalur kegundahan hati karena sifat blog yang memang lebih kepada perorangan, namun saat ini blog juga berkembang sebagai media promosi ataupun jual beli sehingga tercipta problogger atau professional blogger yang memanfaatkan blog sebagai media pencari uang.

Blog vs. Website
  1. Blog merupakan suatu sistem yang dahulu dikembangkan oleh Blogger.com sebagai sarana komunikasi passif. Jadi kita tidak bisa melakukan chat langsung seperti pada sosial media, melainkan hanya berbalas komentar di blog. Sedangkan website biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan space yang lebih besar.
  2. Dari segi biaya, blog bisa dibuat secara murah karena menggunakan free hosting, namun website mengharuskan kita untuk membeli hosting dan domain
  3. Blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat tulisan dan gambar atau yang disebut posting. Yang fungsinya sangat beragam, bisa berupa catatan harian, media publikasi, biasanya sifatnya personal.
  4. website jarang sekali update postingnya, karena biasanya website memuat hal yang bersifat informasi umum. Jarang kan website yang berupa catatan harian. Dan bedanya lagi adalah saat memasukan data. Jika blog tinggal posting, jika web harus otak – atik pakai software.

0 komentar:

Posting Komentar