Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Rabu, 05 Juni 2013

Menjaring Pengunjung Lewat Social Bookmarking

 

Arek Gang Papat - Bagi sebagian blogger pribadi, begitu juga dengan pengelola web profesional, trafik pengunjung yang menghasilkan page view dan page hits, adalah salah satu tujuan pengantara, selain kepuasan pribadi dengan isi webnya sendiri. Karena dengan faktor trafik tersebut, maka otomatis akan menaikkan popularitasnya di mata search engine, terutama terhadap Page Rank dan Alexa Rank.

Lalu cara apa yang bisa ditempuh ?
Ya betul, selain dengan menggunakan pola blogwalking yang selama ini sudah kita lakukan, kita juga bisa memanfaatkan keberadaan jejaring sosial untuk melakukan sedikit pekerjaan social bookmarking. Sesuai dengan namanya, kita menitipkan link web di jejaring sosial sebagai sebuah bookmark. Yakni, sebentuk paragraph kecil, berupa komentar atau pengantar kita dengan tautan yang menuju ke alamat posting kita di blog.

Sederhananya seperti ini.
Kita tentu pernah melihat blog dengan sederet tombol facebook, google+, twitter, digg dan sebagainya? Nah, begitu kita mengklik tombol tersebut, maka alamat konten tersebut akan terintegrasi dengan halaman jejaring sosial kita. Itu kalau kita sudah menggunakan tombol otomatis. Dan ini untuk mengajak orang lain untuk mempopulerkan link konten kita.

Tapi itu kan milik web orang lain? Bagaimana dengan blog punya kita sendiri?

Nah, selain dengan menggunakan tombol-tombol social bookmark sebagaimana di atas, kita juga bisa memperluas penggunaan social bookmarking ini secara manual dan lebih elegan. Selain Facebook dan Twitter yang sedang digandrungi oleh orang Indonesia, kita bisa memanfaatkan jejaring sosial lain yang sedang booming di luar negeri (meskipun di sini tidak terlalu) untuk semakin ‘mengakrabkan’ web kita dalam pencarian Google.

Situs jejaring sosial lainnya yang dapat kita manfaatkan untuk kepentingan Social Bookmarking ini antara lain :
  1. Digg
  2. Delicious
  3. Stumbleupon
  4. Reddit
  5. Blibisonomy
  6. Google Bookmark
Ke enam social bookmark yang paling direkomendasikan untuk menaruh link beserta komentar yang elegan menuju blog kita.

Usahakan setiap kita selesai menerbitkan postingan kita, lakukan social bookmarking. Ini sangat efektif untuk membuat web kita menjadi penting bagi crawler Google.

Repot ? Itu hanya sedikit saja kok.
Yang berat itu di awalnya. Setelah kita merasakan manfaatnya, maka kerepotan kita tadi akan segera terobati. Namun demikian, ada cara lain agar pekerjaan menjadi lebih mudah.

Pertama, dengan menggunakan bantuan alat kecil extension [Chrome] dan add-on [Mozilla Firefox] bernama addthis. Silahkan diinstal di masing-masing browser kamu. Inipun sebenarnya masih manual juga namun menjadi lebih praktis, karena kita tidak perlu mengetikkan alamat URL jejaring sosial lagi, cukup mengklik ikonnya saja.

Kedua, bagi yang ingin lebih praktis lagi dan tentu saja bagi yang mempunyai modal. Silahkan berlangganan saja layana auto bookmarking. Tanya sama pakde Google. Biayanya, mulai dari $5 per bulan. Sekali kamu menekan tombol submitnya, maka URL blog kamu akan tersubmit lebih dari 40 situs jejaring sosial.

Dengan cara memanfaatkan jasa sosial bookmarking ini maka dijamin dalam hitungan minggu saja, blog atau web kamu akan menarik di mata mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Dengan satu syarat, minimal update blognya 1 kali sehari.

0 komentar:

Posting Komentar