Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Kamis, 06 Juni 2013

6 Macam Pengunjung Blog

 

Arek GangPapat - Secara garis besar, pengunjung blog atau web kita berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya. Sisanya yang lain berasal dari pertemanan, berlangganan email, page bookmark, forum signature atau RSS feed.

Di bawah ini kita akan melihat enam tipe pengunjung dilihat dari motif kedatangannya. Dengan memperhatikan tipe dan motifnya, bisa kita manfaatkan untuk menarik pengunjung ke blog ataupun website kita.

1. Tetangga
Adalah pengunjung yang berasal dari kalangan blogger yang melakukan silaturahim blog walking ke blog list teman-temannya maupun di setiap laman web yang ia kunjungi. Hingga, sadar atau tidak, jejak link yang ia tinggalkan menjadi backlink natural untuk blognya.

2. Tamu yang datang lewat keyword search engine
Ini adalah tamu istimewa. Maka perlakukan ia secara istimewa dengan cara memberikan konten yang baik dan benar-benar ia butuhkan. Mengapa ia istimewa? Karena kedatangannya mengindikasikan bahwa sebagian konten blog kita telah terindeks dalam halaman pertama pencarian SERP (Search Engine Result Pages) Google.

3. Tamu yang datang melalui forum signature
Forum-forum online biasanya mengharamkan sebentuk live-link, yakni link langsung yang mengarahkan ke suatu alamat web. Sehingga, peletakan link dibuat ‘tak bernyawa’ dengan mengubah ‘http’ menjadi ‘hxxp’, misalnya.

Untungnya, sebagai member kita masih diberi celah untuk meletakkan backlink berupa forum signature, yakni sebentuk link yang diletakkan di bagian bawah profil thread kita di dalam forum. Dengan anchor kata-kata menarik dan dibuat dengan tulisan yang besar dengan warna yang mentereng.

Tipe pengunjung yang tertarik untuk mengklik anchor tersebut biasanya memiliki minat yang sama dengan tema utama (niche) forum tersebut. Sehingga meletakkan link blog kita di forum signature, menjadi saran sederhana untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.

4. Tamu yang datang melalui link Social Media
Perhatikan tingkah laku teman-teman kita yang ada di social media seperti Facebook, Myspace maupun Twitter. Dengan keterbatasan tampilan halaman yang ada, mereka sering, secara sengaja – atau tidak sengaja, memberikan link ke suatu laman web yang menurut mereka menarik untuk dishare.

Karena, yang membagikan link tersebut adalah teman kita sendiri dan kebetulan tema yang ia share tadi menarik buat kita, maka kita pun dengan senang hati mengunjungi laman tersebut.

5. Spam Bot
Kunjungan tak nyata ini adalah hasil kerjaan orang-orang iseng nan usil yang berharap bisa menaruh backlink di bagian komentar. Tak ada manfaatnya kunjungan yang dilakukan oleh ‘pengunjung’ jenis ini, karena mereka adalah script kecil yang jelas-jelas hanya mengumbar kunjungan saja dan berharap ada celah dalam sebuah blog atau web yang bisa ditaruh link ke website mereka.

6. Tamu yang datang karena ‘Jebakan Betmen’
Mereka datang dari mesin pencari, tidak menemukan hasil yang relevan, karena terjebak jebakan betmen yang dipasang oleh pemilik web. Ini sebenarnya tidak etis. Karena hanya akan mengundang rasa tidak nyaman bagi pengunjung. Era sebelum 2010, menjadi era yang mengerikan bila melakukan pencarian melalui mesin pencari.

Karena, banyak sekali hasil pencarian yang tidak relevan namun berhasil menembus ke halaman satu pencarian hanya gara-gara permainan SEO (Search Engine Optimatization). Tapi dengan semakin canggihnya algoritma Google, keberadaan keyword yang tidak relevan akan semakin terpinggirkan.

0 komentar:

Posting Komentar