Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Jumat, 07 Juni 2013

5 Tipe Blogger

 

Arek Gang Papat - Dunia blogger sempat menurun dengan kehadiran beberapa situs jejaring sosial semacam Twitter dan Facebook. Namun, keadaan itu tak berlangsung lama, karena antara blog dan sosial media, pada akhirnya sepakat untuk tidak saling membunuh, bahkan sekarang malah semakin menguatkan. Dunia blog pun semakin ramai. Setiap hari lahir blog-blog baru yang menawarkan banyak tema dan konten.

Dari sekian banyak blogger yang bertebaran di jagat maya ini, dan dengan memperhatikan alasan di balik mereka ngeblog, maka berikut lima tipe blogger arus utama yang bisa kita kenali.

1. Peternak
Blog farmer, peternak blog. Sebutan yang bisa kita ajukan untuk mereka yang tidak setia dengan pasangan. Sebenarnya sih, bukan tidak setia tapi mungkin lupa. Ya lupa pernah membuat di mana. Lupa akun sama passwordnya. Lupa nama domainnya dan sebagainya. Cirinya, ia mempunyai banyak buat blog, di banyak platform. Cenderung gratisan :D

Mulai blogspot, wordpress, multiply, blogdetik dan sebagainya. Cirinya yang lain, satu blog itu paling banyak berisi 3 – 5 tulisan saja. Setelah itu ditinggal pergi. Bahkan ada yang membuat blog hanya untuk mengamankan domainnya saja, agar tidak dipakai oleh orang lain.

2. ‘Jurnalis’  tapi bukan Wartawan
Pembuat jurnal online, diary online. Ia menceritakan pengalaman pribadinya di blog yang rutin ia update setiap hari, atau beberapa hari dalam seminggu. Semuanya ia ceritakan di blognya itu. Terutama yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya.

3. Profesional
Mereka adalah blogger-blogger yang mempunyai background pekerjaan yang jelas, kaum profesional. Baik profesional di bidang fisik seperti akuntan, insinyur, pengacara maupun pekerjaan baru yang ada di internet. Seperti narablog, internet marketing dan lainnya.

Kebanyakan tulisan mereka diisi dengan tips dan tutorial yang terkait dengan pekerjaan mereka. Dan salah satu tujuan mereka adalah untuk kepentingan dokumentasi pemikiran atas kegiatan profesionalnya.

4. Citizen journalist
Citizen journalist atau pewarta warga, adalah orang-orang yang mempunyai kepeduliaan dengan lingkungan sekitarnya dan melaporkan dalam bentuk tulisan blog. Ya, ia menulis tentang apa saja yang ia lihat di sekitar / di ruang publik. Tak tergantung, apakah hal terebut terkait dengan pekerjaannya atau tidak. Walaupun untuk hal tersebut mereka tidak mendapatkan bayaran.

Banyak orang yang telah sukses di bidang ini dan mendapatkan pengakuan nasional bahkan dunia internasional, bahkan dijadikan tenaga ahli dalam proyek-proyek penting. Intinya, mereka menulis tidak mendapatkan bayaran langsung melainkan melalui pihak ketiga yang tertarik memanfaatkan jasa mereka di bidang yang terkait.

5. Blogger pebisnis
Nah, kalo yang ini satu-satunya yang menjadi tujuan membangun blog adalah untuk mencari uang. Menghasilkan uang dari kegiatan online. Baik membangun jaringan afiliasi, menjual konten, menjual space dalam blognya untuk iklan, menjadi penulis konten berbayar dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar