Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Rabu, 12 Juni 2013

5 Cara Mudah Meningkatkan Tipografi Web

 

Arek Gang Papat - Sebelum membahas mengenai cara meningkatkan tipografi web, apakah Anda sudah mengetahui arti kata “tipografi”? Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Tipografi juga dilakukan dalam desain sebuah web dan peranannya sangatlah penting.

Tipografi yang baik dapat menampilkan halaman dengan baik dan meningkatkan keterbacaan. Hal ini memungkinkan pengunjung website untuk memproses informasi lebih cepat. Sebuah situs web yang sederhana akan membuat pengunjung senang untuk membaca isi web tersebut. Jika pengunjung web senang, maka pengunjung tersebut akan datang lagi ke website Anda, membeli produk Anda, berkomentar di website Anda, bahkan mereka akan memberitahukan alamat web Anda ke teman – teman mereka. Itu bisa terjadi ketika tipografi website Anda terlihat rapi.

Jika website Anda sudah dibuat dan terlanjur tidak memedulikan tipografi, mari perbaiki website Anda dengan 5 cara mudah di bawah ini.

• Reset Style Halaman Web Anda
Set ulang halaman? Jika dirasa, set ulang halaman seperti hal bodoh yang banyak memakan waktu untuk memperbaikinya. Tetapi set ulang halaman untuk menjadi sebuah situs web yang lebih baik adalah sebuah cara yang benar – benar ampuh untuk meningkatkan tipografi website Anda sehingga pengunjung betah mengunjungi website Anda. Anda harus konsisten dalam mendesain style halaman web Anda. Anda harus merapikan perbedaan dalam padding, margin, judul, dan lekukan yang merajalela.

• Perhatikan Ukuran
Ukuran mengacu pada panjang satu baris ketikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa untuk dibaca optimal, kolom teks yang Anda ketik seperti menyalin halaman utama Anda. Kolom teks seharusnya mengandung antara 45 – 75 karakter (30 – 50 ems) termasuk spasi.

Selain itu, Anda harus mengarahkan dengan panjang ukuran.  Mengarahkan adalah adalah jumlah spasi antara baris teks dan dikontrol melalui CSS line-height property. Jika Anda perlu menggunakan ukuran ekstra panjang, pastikan Anda arahkan membuka. Sebaliknya jika Anda memiliki kolom kecil seperti sidebar dengan ukuran pendek, Anda harus mengarahkan lebih ketat.

• Memberi Ruang Spasi
Spasi penting dalam penulisan website. Terlalu sedikit spasi membuat teks sulit dibaca, tetapi begitu juga jika terlalu banyak spasi. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang membimbing mata dari satu elemen ke elemen berikutnya.

• Jangan Menggunakan Jenis Font Terlalu Banyak
Aturan praktis yang baik untuk setiap desainer adalah menggunakan kurang dari dua jenis font dalam desain Anda. Hanya dengan dua jenis font, website Anda terlihat baik dan stylish. A List Apart menggunakan variasi font yaitu Georgia dan Verdana untuk menciptakan polesan tampilan yang elegan. Tetapi jika terlalu banyak jenis font yang ada di website Anda akan membuat pembaca bingung. Demikian pula, hindari menggunakan ukuran font dan warna font yang terlalu banyak.

Hal itu juga membingungkan pembaca website Anda. Meskipun susunan huruf dan teknologi seperti sIFR dan Typeface.js memungkinkan Anda untuk menentukan apa saja font yang Anda inginkan sebagai default, Anda harus menahan godaan untuk membuat font – font yang liar. Font dekoratif yang terbaikhanya digunakan untuk berita utama karena mereka mempengaruhi pembacaan.

Beberapa font ada yang terlihat seperti berbeda ukuran, misalnya adalah Verdana dan Arial. Typetester adalah alat yang hebat untuk membandingkan font inti web dan menciptakan gabungan font yang baik.  Terlepas dari font yang Anda gunakan, pastikan font tersebut tidak terlalu kecil.

• Jangan Abaikan Kedetailan
Banyak orang menuliskan tanda kutip seperti ini (“) hanya dengan tanda kutip seperti ini (‘). Padahal berbeda tulisan, berbeda pula artinya. Tanda kutip (‘) biasa digunakan untuk pengukuran. Jika Anda menuliskan tanda kutip hanya seperti ini (‘) fatal artinya. Sebagai contoh, 6’4 “menggunakan tanda kutip ganda dan tunggal. Jangan sepelekan hal yang sekecil apapun. Bandingkan “tanda kutip yang benar” dan ‘tanda kutip yang salah’. Hal ini harus lebih diperhatikan.

Sayangnya keyboard default untuk kutipan tunggal (‘). Microsoft Word dan editor teks lainnya hanya memperbaiki penulisan. Menambahkan tanda kutip yang benar untuk halaman HTML membutuhkan kerja lebih banyak dari pengembang web karena Anda perlu menggunakan markup untuk membuka dan menutup simbol kutipan. Begitupula dengan tanda yang lain yang terlihat sepele.

Setelah membaca artikel ini, mari tingkatkan tipografi web Anda. Ingatlah bahwa ini hanyalah titik awal. Tipografi yang baik adalah keterampilan yang dipelajari sama seperti hal lain dan memerlukan praktek. Tingkatkan tipografi web Anda dan raihlah banyak pengunjung web Anda!

0 komentar:

Posting Komentar