Selamat Datang di Blog Arek Gang Papat. . Hai Sahabat Blogging, Kami Disini akan Berbagi Tutorial, Info Unik dan Tips-Tips Menarik. .

Minggu, 21 April 2013

Tutorial Membuat Email dengan Domain Sendiri

Kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara membuat email dengan nama Domain sendiri, ini adalah contoh email yang sudah saya buat menggunakan cara ini ( arekgang4@randiseptian.com ).

Mungkin ada yang bingung bagaimana membuat email dengan domain sendiri, dimana jika beberapa waktu lalu kita memakai google apps sebagai platform untuk membuat email dengan domain sendiri namun kita sudah tidak bisa menggunakan google apps secara gratis karena google apps versi gratis sudah dihapus dan kita harus memakai versi business jika mau memakai google apps.

Karena google apps versi gratis dihapus ada cara lain untuk membuat email dengan domain sendiri gratis yaitu dengan menggunakan windows live, ini adalah salah satu cara lain untuk membuat email dengan domain sendiri secara gratis.

Cara membuat email domain sendiri dengan windows live adalah sebagai berikut:
Tahap persiapan
  • Anda harus mempunyai domain sendiri seperti .com .net atau nama domain lain
  • Anda harus sudah mempunyai akun atau email akun windows live, yang termasuk didalamnya adalah live.com hotmail.com live.co.uk dll
Jika syarat diatas sudah terpenuhi mari kita mulai
1.Silahkan masuk ke domains.live.com untuk mendaftar kemudian klik pada Get Started

1 Membuat email domain sendiri dengan windows live
Jika Anda sudah mempunyai nama domain masukkan nama domain tsb pada kolom yang ditunjukkan di atas, jika tidak, anda bisa mengklik link I need to purchase a domain, dan kemudian kembali ke halaman ini bila domain telah didaftarkan. Kemudian klik Continue

2.Kemudian anda akan di bawa ke halaman sepeti gambar di bawah ini, untuk menetapkan administrator domain Sesuai pada tahap persiapan diatas saya anggap anda sudah mempunyai windows live accouunt.
2 Membuat email domain sendiri dengan windows live
Setelah Anda klik lanjutkan Anda akan dikirim ke layar baru untuk sign in dengan ID Windows Live Anda.

3.Anda kemudian akan diminta untuk meninjau pengaturan Anda dan menerima agreement seperti yang ditunjukkan di bawah ini
image003 Membuat email domain sendiri dengan windows live
4.Setelah Anda menerima perjanjian di atas, Anda harus mengatur DNS, MX dan create TXT tecord pada domain anda.
image0041 Membuat email domain sendiri dengan windows live 
Diatas sudah jelas anda harus menambah record DNS, MX dan juga txt, anda bisa menambahkan melalui kontrol panel domain atau jika domain tersebut sudah di host dalam sebuah hosting anda dapat mengaturnya di cpanel hosting.

5. Jika Anda telah memiliki akun hosting, Silahkan login ke control panel dan masuk ke menu MX Entry
6. Masuk ke menu MX Entry dan isikan sesuai petunjuk dari windows mail, sehingga nanti hasilnya menjadi
7. Ada baiknya selain menambahkan mx record, kita juga menambahkan txt record agar email server lain percaya dengan email yang dikirim dari email dengan domain Anda sendiri. Caranya masuk ke pengaturan DNS dan tambahkan txt record-nya.
Setelah di setting silahkan klik refresh pada admin windows mail tadi.
8. Jika sukses anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini untuk pembuatan account email anda.
image005 Membuat email domain sendiri dengan windows live

Klik Add untuk pembuatan account email, dan silahkan anda isi data email yang anda ingin dibuat. Setelah membuat email baru dan Sukses, anda bisa login DISINI atau DISINI untuk mengakses email yang baru anda buat tadi.

Pada account ini anda bisa menambah 500 account email tiap nama domain dan anda juga bisa menambah nama domain lain dalam satu windwos live account. Jika ada yang kurang jelas silahkkan Hubungi saya atau tulis pertanyaan anda di komentar.
Sekian dari saya dan Semoga bermanfaat . . . .

0 komentar:

Posting Komentar